Wednesday, November 7, 2018

Download PW Rancangan Baja - Politeknik Negeri Lhokseumawe

Data PerencanaanJembatan Baja :
  • Baja                             = BJ 41            fy  : 250 Mpa                                                                                                                                    Fu : 410 Mpa
  • Ukuran Jembatanλ      = 3 m
  • Tipe Baja                     = D (Sesuai soal rancanganPanjang
    ( L )   = 12λ à 36 mTinggi ( H )     = 5 m
    Lebar ( B )       = 7 m
  • Letak Lantai                =Bawah
  • Sambungan                 =Baut
  • Lebar Trotoar              = 2 x 0,5 m
  • Ruang Bebas               = 2 x 0,1 m

BAB  I
PENDAHULUAN

Perkembangan dan peningkatan pembangunan jembatan merupakan hal  yang paling efektif untuk memajukan hubungan di bidang transportasi darat yang dilakukan oleh pemerintah. Peranan jembatan dalam bidang perekonomian cukup penting, terutama dalam memperlancar hubungan antara pusat produksi dengan daerah pemasaran. Dengan adanya pembangunan jembatan ini diharapkan roda perekonomian akan berjalan dengan baik dan lancar.
Jembatan rangka baja adalah suatu konstruksi yang dibuat dari baja berbentuk rangka batang, yang berfungsi untuk menghubungkan antara jalan yang terputus akibat tempat yang lebih rendah sehingga dpat dilewati dengan aman dan nyaman. Rancangan jembatan baja ini meliputi perancangan tiang sandaran, plat lantai, gelagar memanjang, gelagar melintang, gelagar utama, dan landasan. Jembatan yang direncanakan termasuk dalam jembatan kelas A, yang mempuyai lebar lantai kendaraan sebesar 7,0 meter dan 2 x 0,5 meter sebagai trotoar. Perhitungan pembebanan dihitung berdasarkan pengaruh dari beban mati, beban hidup,  dan beban angin. Bila beban tersebut dijabarkan menjadi gaya-gaya yang bekerja pada titik buhul, maka akan segera diketahui berapa besarnya beban yang sanggup dipikul oleh suatu batang.

1.1       Latar Belakang
Politeknik merupakan lembaga pendidikan formal yang mendidik tenaga profesional yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Mengingat semakin berkembangnya ilmu tentang perencanaan suatu jembatan rangka baja, maka bagi mahasiswa khususnya program studi DIV Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe diberikan suatu tugas yang berbentuk sebuah laporan kerja proyek (Project Work) yang berhubungan dengan pembangunan konstuksi jembatan yang baik dan aman, sebagai implementasi ilmu praktis dan aktual di lapangan.


1.2       Permasalahan
Perancangan jembatan rangka baja direncanakan dengan meninjau profil yang mampu memikul beban terbesar dari masing-masing gelagar, setelah perhitungan akan didapatkan jenis profil yang digunakan, jumlah baut sambungan gelagar, dan ketahanan profil terhadap lendutan yang timbul. Perhitungan mengacu pada peraturan-peraturan dan standar-standar perencanaan jembatan,antara lain dalam hal ini direncanakan berdasarkan dengan Metode LRFD (Load and Resistance Factor Design). Profil yang direncanakan untuk jembatan dalam rancangan ini adalah jenis profil Wide Flange Shapes (WFS), berdasarkan daftar tabel profil baja yang dikutip dari buku “Tabel Profil Konstruksi Baja”.
Analisa beban yang bekerja adalah merupakan bagian pertama dalam perencanaan rangka baja dari sebuah konstruksi, Apabila sistem dan distribusi beban telah dianalisa dan memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan dalam perencanaan, maka konstruksi yang direncanakan ini aman terhadap kegagalan pada saat melayani beban kerja. Jenis-jenis beban yang bekerja pada konstruksi jembatan terdiri dari beban primer, beban sekunder, dan beban khusus.

1.3       Maksud dan Tujuan Rancangan
        Penulisan rancangan bertujuan untuk merencanakan konstruksi atas jembatan rangka baja dengan bentang tertentu, dengan jenis struktur dan profil yang berbeda, dan menggunakan standar perencanaan jembatan. Penulisan rancangan ini juga dimaksudkan sebagai penerapan disiplin ilmu yang diperoleh selama mengikuti kuliah ke dalam perencanaan lapangan.

Untuk BAB 2, BAB 3 dan BAB 4 Silahkan klik download dibawah ini:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan comment di blog ini jika terdapat link rusak, dan juga saran2 nya agar blog ini lebih baik :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More